Muhassabah

Posted on Updated on


“Sesungguhnya telah Kami ciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.Kemudian Kami kembalikan mereka kedalam tempat yang serendah-rendahnya.Kecuali orang-orang yang beriman dan orang-orang yang beramal sholeh……….”

Kita yang telah Allah ciptakan dengan bentuk sebaik-baik bentuk dan… seindah rupa, akan Allah kembalikan kepada tempat yang paling rendah di hari akhirat nanti yakni neraka. Namun hal itu dikecualikan untuk yang beriman dan yang mampu memanfaatkan waktu hidup kita untuk beramal sholeh. Yang berarti dalam kehidupan kita haruslah mampu untuk memanajeman waktu kita sendiri.Agar apa yang kita lakukan dalam mengisi waktu yang diamanahkan pada kita merupakan tumpukan amal ibadah kepada Allah. Sehingga akan lebih meringankan tanggungjawab kita dihadapan Robbul ‘izati dihari akhir nanti.Serta mendapatkan ridho Allah swt.

Saudaraku……

Berapa banyakkah usia yang kita punya??? Semua itu telah dibatasi oleh Allah.Sekian tahun dan sekian tahun ,wallahu ‘alam. Karena kita tak pernah tahu kapan maut kan dating menjemput, mungkin satu jam yang akan datang,sesampai dirumah nanti,besok,seminggu lagi,sebulan lagi,setahun lagi atau beberapa saat lagi,Wallahu’alam, Maka alangkah baiknya jika kita mempersiapkan diri untuk menghadapinya dengan kedekatan diri dan taqwa pada Allah,sehingga sewaktu-waktu maut itu datang kita telah siap betul untuk menyambutnya. Hal ini berarti semua waktu yang masih tersisa untuk kita, haruslah kita manfaatkan sebaik mungkin untuk mendapatkan ridhonya.

Usia yang kita miliki menurut hitungan tahun manusia memang bertambah,namun menurut hitungan Ilahiyah usia kita berkurang. Kita didunia ini adalah ibarat sebagai seorang pekerja yang ditugaskan ke suatu daerah dengan jangka waktu yang dibatasi oleh atasan kita.Maka jika batas waktu tugas yang ditentukan atasan kita telah habis maka kita akan dipanggil untuk kembali serta akan dimintai laporan dan tanggungjawab kita atas apa yang ditugaskan kepada kita.Jika kita mampu melaksakakan tugas yang dibebankan kepada kita dengan baik maka kita akan mendapat imbalan dari atasan kita,namun jika kita melanggar ketentuan yang telah diberikan maka hukumanlah yang akan kita dapat.Sementara Allah lah yang memerintah kita untuk hidup didunia ini dengan sebuah tugas,

“Dan tidak Aku ciptakan Jin dan Manusia kecuali untuk beribadah kepadaKu”

Maka saudaraku……

Waktu yang masih diberikan kepada kita ini mari kita manfaatkan untuk beribadah kepadaNya dan semoga kita mendapat ridhoNya.Lima perkara yang oleh Rosulullah ,kita diminta untuk memanfaatkannya sebelum datang masa yang lain *Sehat sebelum Sakit*lapang sebelum sempit*Muda sebelum tua*kaya sebelum miskin*hidup sebelum mati* Kelima kesempatan itu harus kita manfaatkan dalam rangka hanya beribadah kepada Allah semata agar kita tidak termasuk orang yang rugi.InsyaAllah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s