Sabar itu Indah

Posted on Updated on


Bersabar adalah ciri orang-orang yang besar. Besar dalam memenej jiwa dan nafsunya. Orang-orang mulia dan terhormat bertarung melawan setiap kesulitan dan cobaan dengan penuh kesabaran.

Syaikh Muhammad bin Sholih Al-Utsai-min ra berkata, “Sabar adalah meneguhkan diri dalam menjalankan keta’atan kepada Alloh SWT, menahannya dari perbuatan maksiat kepada Alloh SWT, serta menjaganya dari perasaan dan sikap marah dalam menghadapi takdir Alloh SWT”.

Dari Abu Huroiroh ra, Rosululloh Saw bersabda, Alloh SWT berfirman, “Tidak ada balasan kecuali surga bagi hamba-Ku yang Mukmin, yang telah aku ambil kekasihnya dari ahli dunia, dan dia hanya mengharapkan pahala dari-Ku”. (HR. Al-Bukhori)

Keimanan, keyakinan, tawakkal dan kesabaran yang kokoh amatlah sangat kita butuhkan dalam menghadapi badai cobaan yang menerpa. Sehingga tidak menjadikan diri kita berburuk sangka kepada Alloh SWT terhadap segala ketentuan-Nya, khususnya yang terasa pahit.

Alloh Swt berfirman: “Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepada kalian, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan; “Innalillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun”. Mereka itulah yang mendapat keberkahan yang sempurna dan rohmat dari Tuhan mereka dan mereka itulah yang mendapat petunjuk”. (QS. Al-Baqarah [2]: 155-157)

Keutamaan sabar:

a. Alloh SWT senantiasa memuji orang-orang yang bersabar.

“…dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang yang benar (imannya). Dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al-Baqarah [2]: 177)

b. Mendapat kecintaan dari Alloh SWT

Sebagaimana ditegaskan dalam firman-Nya: “… dan Alloh itu menyukai (mencintai) orang-orang yang sabar”. (QS. Ali Imran [3]: 146)

Juga dalam hadits Rosululloh Saw bersabda, “Ketahuilah olehmu! Bahwasanya datangnya pertolongan itu bersama dengan kesabaran”. (HR. At Tirmidzi)

c. Sholawat, rahmat dan hidayah bersama orang yang sabar.

Alloh SWT senantiasa mencurahkan sholawat, rahmat dan hidayah-Nya kepada orang-orang yang sabar. Karena jika mereka ditimpa ujian dan cobaan dari Alloh SWT mereka mengembalikan urusannya kepada Sang Pencipta, Yang memilikinya.

Alloh SWT berfirman: “(Yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Innalillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun”. Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rohmat dari Tuhan mereka dan mereka Itulah orang-orang yang mendapat petunjuk”. (QS. Al-Baqarah [2]: 156-157)

d. Mendapat ampunan Alloh SWT

Alloh Swt tidak segan-segan memberi ampunan kepada setiap hamba-Nya yang bersabar. Alloh Swt berfirman, “kecuali orang-orang yang sabar (terhadap bencana), dan mengerjakan amal-amal saleh; mereka itu beroleh ampunan dan pahala yang besar”. (QS. Hud[11]: 11)

Dari ‘Aisyah ra, beliau berkata: Rosululloh Saw bersabda, “Tidak ada suatu musibah pun yang menimpa seorang Muslim, melainkan Alloh SWT telah menghapus dengan musibah itu dosanya. Meskipun musibah itu adalah duri kecil yang menusuk dirinya.” (HR. Al-Bukhori)

e. Memperoleh martabat tinggi di Surga

Alloh Swt berfirman: “Mereka itulah orang yang dibalasi dengan martabat yang tinggi (dalam surga) karena kesabaran mereka dan mereka disambut dengan penghormatan dan ucapan selamat di dalamnya.” (QS. Al Furqon[25]:75)

Demikianlah janji Alloh SWT bagi orang-orang yang bersabar. Kita berdo’a kepada Alloh SWt agar kita senantiasa dimasukkan kedalam hamba-Nya yang selalu bersabar dalam mejalani kehidupan yang fana ini. Dan sebagai bekal untuk menyongsong kebahagiaan di akhirat kelak. Wallahua’alam

 

Sumber : http://zakatinfak.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s