Terjemah Surat Al Fatihah 1-7

Posted on Updated on


1. Dengan Menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

2. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam

3. Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

4. Yang menguasai hari pembalasan.

5. Hanya Engkaulah yang kami sembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan.

6. Tunjukilah kami jalan yang lurus.

7. (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau anugerahkan ni’mat kepada mereka dan bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

Keterangan:

Surat Al Faatihah ( Pembukaan) yang diturunkan di Mekah dan terdiri dari 7 ayat adalah surat yang pertama-tama diturunkan dengan lengkap diantara surat-surat yang ada dalam Al-Qur’an dan termasuk golongan surat Makkiyah.

Surat ini disebut Al Faatihah (Pembukaan), karena dengan surat inilah dibuka dan dimulainya Al Qur’an.

Dinamakan Ummul Qur’an (induk Al-Qur’an) atau Ummul Kitaab (induk Al Kitaab) karena dia merupakan induk bagi semua isi Al Qur’an, serta menjadi intisari dari kandungan Al-Qur’an, dan karena itu diwajibkan membacanya pada tiap-tiap sembahyang.

Dimnamakan pula As Sab’ul matsaany ( tujuh yang berulang – ulang) karena ayatnya tujuh dan dibaca berulang – ulang dalam sembahyang.

Surat ini mengandung beberapa unsur pokok yang mencerminkan seluruh isi Al-Qur’an yaitu:

1. Keimanan

– Beriman kepada Tuhan yang Maha Esa terdapat dalam ayat 2, dimana dinyatakan denga tegas bahwa segala Puji dan ucapan syukur atas sesuatu ni’mat itu bagi Allah, karena Allah adalah Pencipta dan sumber segala ni’mat yang terdapat dalam alam ini.
2. Hukum – hukum

– Jalan kebahagiaan dan bagaimana seharusnya menempuh jalan itu untuk memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat. Maksud hidayah disini ialah hidayah yang menjadi sebab dapatnya keselamatan, kebahagiaan dunia dan akhirat, baik yang mengenai kepercayaan maupun akhlak, hukum – hukum dan pelajaran.

3. Kisah – kisah

– Kisah para nabi dan kisah orang – orang dahulu yang menntang Allah. Sebahagian besar dari ayat – ayat Al-Qur’an memuat kisah – kisah para nabi dan kisah orang – orang dahulu yang menentang Allah. Yang dimaksud dengan orang yang diberi ni’mat dalam ayat iini ialah para nabi, para shidiqien ( orang yang sungguh-sungguh beriman), syuhada ( orang-orang yang mati syahid), shaalihin (orang-orang yang sholeh). “Orang – orang yang dimurkai dan orang-orang yang sesat” ialah golongan yang menyimpang dari ajaran Islam.

One thought on “Terjemah Surat Al Fatihah 1-7

    dudi said:
    December 20, 2013 at 1:57 am

    Surat yang paling agung adalah surat al fatihah, sedangkan ayat yang paling agung adalah ayat qursi, yaitu di surat al baqarah, ayat 255. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

    مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ دُبُرَ كُلِّ صَلاةٍ مَكْتُوبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُولِ الْجَنَّةِ، إِلا الْمَوْتُ

    “Barangsiapa membaca ayat qursi setelah setiap shalat wajib, tidak ada yang menghalanginya dari masuk surga selain kematian.” (hr. Ath-thabrani no. 7532, dihukumi shahih oleh al-albani) disunnahkan membaca ayat ini setiap selesai shalat wajib, pada dzikir pagi dan sore, juga sebelum tidur.

    Barang siapa membaca surah yasiin 1x sama dengan membaca Al Qur’an 10x

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s