10 KRITERIA MANUSIA TERBAIK

Posted on


Sepuluh kriteria yang menyebabkan seseorang dikategorikan sebagai manusia terbaik, diantaranya adalah :

 1. Para Shahabat yang Mulia

Dari Abdullah, dari Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wasalam : “Sebaik-baik manusia adalah generasiku (Para Shahabat), kemudian Generasi sesudah mereka

(Tabi’in), kemudian generasi sesudah mereka (tabi’ut Tabi’in).” (H.R Bukhori Muslim)

2. Yang Paling Taqwa dan Suka Menyambung Tali Silaturrahim

“Manusia terbaik adalah yang paling banyak bacaan dan ilmu Qur’annya, paling bertaqwa dan paling suka beramar ma’ruf nahi munkar serta paling rajin menyambung silaturahim.” (HR. Ahmad)

 3. Pelajar dan Pengajar Al-Qur’an

Dari Utsman, dari Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wasalam Bersabda :“Sebaik-baik orang diantara kalian adalah yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkanya.”

(HR. BUkhari wa Muslim)

4. Mujahid

  “Sesungguhnya termasuk salah satu manusia terbaik adalah seorang lelaki yang beramal (berjuang) fii sabilillah di atas kudanya, atau untanya atau kedua kakinya sampai maut menjemputnya.” (HR. An Nasa’i)

 5. Yang Panjang Umurnya lagi Baik Amalnya.

  “Maukah kalian aku beritahu tentang orang yang terbaik di antara kalian?” para sahabat menjawab, “Ya, wahai Rasulullah.” Kata beliau, “Sebaik-baik kalian adalah yang paling panjang umurnya dan paling baik amalnya.” (HR. Tirmidzi)

 6. Yang Kebaikannya Selalu Diharapkan

“Sebaik-baik orang diantara kalian adalah yang kebaikannya selalu diharapkan dan orang merasa aman dari keburukannya, sedang seburuk-buruk orang diantara kalian adalah yang kebaikannya tidak pernah diharapkan, dan orang-orang tidak merasa aman dari keburukannya.” (HR. at-Tirmidzi dan Ahmad, Shahih (Al-Albani))

 7. Pemilik Akhlak Mulia

  Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasalam tidak pernah berkata kotor dan berkata jorok agar ditertawai orang-orang. Beliau bersabda : “Sebaik-baik kalian adalah yang terbaik akhlaknya.” (HR. Bukhari Muslim)

8. Yang Terbaik Terhadap Keluarga

“Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik terhadap keluarganya. dan aku adalah yang terbaik terhadap keluargaku….” (HR. Tirmidzi)

9. Yang Uzlah Menghindari Fitnah

  “Sebaik-baik manusia saat terjadi fitnah adalah yang mengisolir diri dengan hartanya, beribadah kepada Rabbnya dan menunaikan Kewajibannya.” (HR. at-Tirmidzi)

 10. Pemberi Makan

  “Sebaik-baik kalian adalah yang memberi makanan atau orang-orang yang memberi makan.” (HR.Ahmad)

 :: Doakan Saudaramu! ::

 Siapakah saudara anda?

Saudara anda adalah sebagaimana yang difirmankan Allah dalam kitabNya, إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ “Sesungguhnya orang-orang beriman itu bersaudara.” (QS. Al-Hujurat : 10)

Jadi, saudara Anda adalah orang-orang yang beriman. Merekalah saudara anda seagama.

Saudaraku…

Ketahuilah-semoga Allah merahmati Anda- bahwa salah satu amal utama yang selayaknya Anda lakukan untuk saudara Anda yaitu, “mendoakannya agar mendapatkan ampunan Allah ta’ala”. Rasulullah bersabda,

من استغفر للمؤمنين والمؤمنات كتب الله له بكل مؤمن ومؤمنة حسنة

 “Barangsiapa mendoakan orang mukmin laki-laki atau perempuan, niscaya Allah memberikan pahala kebaikan dari setiap mukmin laki-laki dan perempuan yang didoakan.” (HR. ath-Thabrani)

 (Sumber: Pesan ini disebarluaskan oleh Dakwah Al-Sofwa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s